Wednesday, July 17, 2013

MERAWAT BUSI VESPA

Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ?

Jawabannya bisa.

Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang.

Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator.

Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli.

Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.

Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi.
Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 - 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan.

Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek.

Ingat cara manual diatas  harus dengan kesabaran.
Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi.  Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut :
Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian buang
Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso.  

Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan  tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis.

Resiko akibat memakai air zuur / air raksa juga ada, yakni jika uapnya terhirup hidung kita akan berbahaya. Hm ….. resiko cukup berat. Logam berat akan memasuki rongga pernafasan kita. Cara mengatasi supaya tidak terhirup adalah dengan memakai penutup hidung.

Sekedar anda tahu, jika ada orang yang menjual busi dengan tanpa baju, masih bersih, tapi harga miring, harap hati-hati, biasanya hasil praktek model begini. Hasilnya memang menakjubkan. Setelah kerak dibuang, lalu digosok dengan sikat dan rinso, maka dijamin kotoran dan lemak oli akan terbuang, Busi-pun jadi kinclong seperti keluar dari pabrik.  
Selain dengan manual diatas ada cara lain utk membersihkan kerak yakni dengan memakai carburator cleaner. Tetapi jika dengan carb cleaner biasanya ada pengaruh terhadap busi, sebab ketika cairan carb cleaner di semprotkan, suhu busi menjadi terlalu dingin.
Jika busi dibersihkan secara rutin (3, 4, atau 5 hari sekali) , dan jangan menunggu hingga vespa mogok, dijamin busi tdk akan pernah mati.

Hal-hal yang menyebabkan busi mati
Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
Coil terlalu lemah
Platina / CDI lemah
Rendahnya kualitas Bensin
Rendahnya kualitas Oli samping

Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir.


JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI

Jika kita terpaksa mengganti busi busi jangan pernah dibuang, sebab busi yang bekas pakai dan disimpan lamaaaaaa…. kemudian dipakai lagi, biasanya pengapiannya cukup bagus.
Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh, insya allah bisa dimanfaatkan


MERAWAT BUSI SUPAYA AWET

Jalan paling mudah memelihara busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.
Langkah yang lain adalah langkah cukup nyeleneh, alias tidak ada Standar Operasional Pabrik (SOP) nya dari pabrik adalah dengan merebus busi. Langkah terakhir inilah yang cukup jitu.  ya paling tidak oleh para sekuteris cekak rupiah, kayak anak pelajar.

Langkah tanpa SOP pabrik ini adalah sbb :
Kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli.
Siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci di atas kompor.
Setelah mulai panas (bergolak), masukan busi kedalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.

Jadi cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.

Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, maka kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik.  

Akan lebih bagus jika busi baru dibeli juga diperlakukan sama. Pengalaman family-ku di Tegal. Busi baru yang dipakai vespa dengan melalui proses rebus, 5 tahun ga pernah ganti busi.

Sekali lagi ingat pepatah JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI.
  
lebih baik naik vespa....
1 Vespa 1000 Saudara

Tuesday, June 11, 2013

Nobody's Hero - BVB

I'll die fighting,
Inside me there's a fire that burns
(whoa)
My life begins
And ends without the faith that we learn
(whoa)

Save me from the darkest places
Save me from myself

I'm a loaded gun
An only son
But I'm nobody's hero
I've come undone
I'm on the run
Yeah, I'm nobody's hero
Nobody's hero

To heal, your scars
I will give you everything I can
(whoa)
This war, of hearts
We will rise again and take a stand
(whoa)

I can't lead you to salvation
Yet I am just a man

I'm a loaded gun,
An only son,
But I'm nobody's hero
I've come undone
I'm on the run
Yeah, I'm nobody's hero
Nobody's hero

(nobody's hero)

This martyrs cross gets too heavy to exist
(whoa)
And we feel the loss of the lives
I left to risk

(C'mon)

I'm a loaded gun
An only son
But I'm nobody's hero
I've come undone
I'm on the run
Yeah, I'm nobody's hero
Nobody's hero

I'm a loaded gun
An only son
But I'm nobody's hero
I've come undone
I'm on the run
Yeah, I'm nobody's hero
Nobody's hero

(nobody's hero)
Nobody's hero

Sunday, June 2, 2013

For Ade Nia Sri

Tahukah kau betapa aku mencintaimu
Betapa aku takut kehilanganmu
Betapa aku ingin selalu didekatmu menemanimu sepanjang waktu
Aku ingin jangan pernah kau tinggalkan aku
Maaf atas lisan yang tak terjaga
Maaf atas prasangka yang tak berdasar
Maaf atas tingkah yang tak terpuji
Maaf atas amarah yang tak tertahan
Maaf atas ego yang tak terkendali
Maaf atas keangkuhan yang tak pantas
Maaf atas segala luka yang tertoreh
Maaf atas segala perih yang terukir
Maaf.....Maaf.....Maaf.....Maaf........

Sunday, May 19, 2013

In The End - Black Veil Brides

In the end
As you fade into the night (oh whoa oh oh)
Who will tell the story of your life?

In the end
As my soul's laid to rest
What is left of my body
Or am I just a shell?
And I have fought
And with flesh and blood I commanded an army
Through it all I have given my home for a moment of glory
(I gave it all)

In the end
As you fade into the night (oh whoa oh oh)
Who will tell the story of your life (oh whoa oh oh)
And who will remember your last goodbye (oh whoa oh oh)
Cause it's the end and I'm not afraid
I'm not afraid to die.

I'm not afraid, I'm not afraid to die

Born a saint
Though with every sin I still wanna be holy
I will live again
Who we are
Isn't how we live we are more than our bodies
If I fall I will rise back up and relive my glory

In the end
As you fade into the night (oh whoa oh oh)
Who will tell the story of your life (oh whoa oh oh)
And who will remember your last goodbye (oh whoa oh oh)
Cause it's the end and I'm not afraid
I'm not afraid to die

In the end
As you fade into the night (oh whoa oh oh)
Who will tell the story of your life (oh whoa oh oh)
And who will remember your last goodbye (oh whoa oh oh)
Cause it's the end and I'm not afraid
I'm not afraid to die

Who will remember this last goodbye (oh whoa oh oh)
Cause it's the end and I'm not afraid
I'm not afraid to die

Not afraid
I'm not afraid to die
Not not afraid
I'm not afraid to die!

Wednesday, March 6, 2013

HEARTKILLER


Farewell the heartless world
I'll send you a postcard burnt
in the flames you tried so hard to extinguish with fear of failing
I'll write down everything I've learned
And edit it down to a single word
Love, for you I'm waiting, anticipating

Sparks will fly beneath the Luna alight
Lazarus at Frankenstein's,
Babe I'll be a flatliner for a heartkiller
A little we die, above the lesser light
for you I'm open wide,
Babe I'll be a flatliner for a heartkiller

Top hats off to the return,
of the beat to lick a wound to
cursed for some and blessed for a few
It doesn't have to make any sense at all
Come hither and we'll fall
In love, for love
I'm crawling out of patience baby

Sparks will fly beneath the Luna alight
Lazarus at Frankenstein's,
Babe I'll be a flatliner for a heartkiller
A little we die, above the lesser light
for you I'm open wide,
Babe I'll be a flatliner for a heartkiller

Paint all your sorrows for me to sing
Heartkiller
Draw your pain and hear me hum it out

Sparks will fly beneath the Luna alight
Lazarus at Frankenstein's,
Babe I'll be a flatliner for a heartkiller
A little we die, above the lesser light
for you I'm open wide,
Babe I'll be a flatliner for a heartkiller

Thursday, September 27, 2012

Cinta&sayang tak bisa dilihat dari
kesempurnaan pandangan penglihatan dan
sentuhan, cinta dejati adalah dia
yang pernah menangis menahan rindu
untukmu. . .

Aku tak mencintaimu dengan kata yang bisa
berdusta,aku mencintaimu dengan bukti dan
rasa. . .
Aku mendengarmu tidak dengan telinga yang
tak terdengar bila jauh dengan jarak,aku
mendengarmu dengan rasa dalam pejaman
mata. . .
Aku tak melihatmu dengan kedua
mata ini, yang takkan bisa melihatmu yang
terhalang sejauh mata memandang, aku
melihatmu dalam ingatan dan kenanganku
dalam doa" yang ku
lantunkan pada_Nya. . .
Yaa Robb. . .jagalah dia selalu untukku bila
penjagaanku tidak sampai kepadanya.

Tuesday, June 19, 2012

just wanna be with you

sayang....
kau tahu aku sangat merindukanmu
saat ini dan selamanya
hanya kau yang ku inginkan...kini dan selamanya
mungkin memang hubungan ini masih sangat panjang dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita nanti
tapi aku ingin kau tahu bahwa diriku ini hanya ingin bersamamu
bila Allah meridhai kita, aku ingin lebih dari hubungan saat ini
aku ingin Allah menjodohkan kita
ini harapanku....
harapan yang sangat aku inginkan

aku ingin kelak kau lah orang yang pertama kulihat saat mataku terbuka dipagi hari
dan aku pun ingin kaulah orang yang terakhir kulihat saat mataku tertutup untuk menghembuskan nafas yang terakhir.......